Membedakan Cat Ramah Lingkungan dan Cat Biasa

Pertimbangkan Kontraktor Rumah Minimalis untuk Hunian Anda

14 Oktober 2024
Anggun Ross | 14 Oktober 2024
Membedakan Cat Ramah Lingkungan dan Cat Biasa
cat ramah lingkungan
eco friendly
green label
green product

Memilih produk yang ramah lingkungan khususnya cat, menjadi semakin penting seiring meningkatnya kesadaran akan dampak kesehatan dan lingkungan dari bahan kimia berbahaya. Cat yang ramah lingkungan tidak hanya mengurangi emisi berbahaya, tetapi juga memberikan kualitas udara yang lebih baik di dalam ruangan. Dengan bahan yang lebih aman dan minim kandungan VOC, cat jenis ini menjadi solusi tepat bagi mereka yang ingin menjaga kesehatan sekaligus melindungi alam

Ciri Ciri Cat Ramah Lingkungan

Produk cat yang eco friendly dan bebas VOC (Volatile Organic Compounds) memiliki beberapa ciri-ciri khusus yang membedakannya dari cat konvensional. Berikut adalah ciri-cirinya:

  1. Bebas atau Rendah VOC
    Cat yang memiliki kadar VOC yang sangat rendah atau bahkan bebas VOC sama sekali dikategorikan sebagai produk ramah lingkungan. VOC adalah senyawa kimia yang mudah menguap dan dapat mencemari udara serta membahayakan kesehatan, seperti menyebabkan iritasi mata, gangguan pernapasan, dan sakit kepala.
  2. Bahan Dasar Alami
    Cat yang tidak membahayakan untuk lingkungan, menggunakan bahan-bahan dasar alami, seperti air, minyak nabati, atau pigmen mineral. Cat ini tidak mengandung bahan kimia beracun, seperti logam berat atau pelarut sintetik yang berbahaya.
  3. Tidak Mengeluarkan Bau Tajam
    Cat yang bebas VOC umumnya tidak mengeluarkan bau tajam yang sering ditemui pada cat konvensional. Bau yang lebih lembut ini menandakan bahwa cat tersebut tidak mengandung senyawa kimia yang mudah menguap.
  4. Memiliki Sertifikasi Ramah Lingkungan
    Cat yang memiliki label Green memiliki sertifikasi dari lembaga yang mengatur standar lingkungan, seperti Greenguard, EcoLabel, atau LEED. Sertifikasi ini menunjukkan bahwa produk telah diuji dan memenuhi standar lingkungan yang ketat.
  5. Mudah Dibersihkan dengan Air
    Produk cat yang baik untuk lingkungan umumnya berbasis air sehingga lebih mudah dibersihkan tanpa perlu menggunakan pelarut kimia yang berbahaya. Ini juga membuatnya lebih aman digunakan di rumah, terutama di ruangan tertutup.
  6. Lebih Aman untuk Kesehatan
    Karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya, cat bebas VOC lebih aman digunakan, terutama untuk area seperti kamar anak, rumah sakit, dan lingkungan yang memerlukan udara bersih.

Dengan memilih cat yang ramah lingkungan dan bebas VOC, kita dapat membantu mengurangi polusi udara dalam ruangan serta menjaga kesehatan penghuni rumah.

eco friendly building

Katalog Produk Cat Eco Friendly & Bahan Bangunan Green Label, Klik GoCement!

Jangan ragu untuk mencari informasi lengkap seputar produk bahan bangunan yang ramah lingkungan di GoCement. Didukung tim handal dan beragam pilihan produk, GoCement siap membantu Anda meraih proyek konstruksi yang sukses. Untuk informasi lebih lanjut atau pemesanan mendapatkan harga bahan bangunan kompetitif, hubungi GoCement disini!



Artikel lain yang dapat Anda baca
Kolaborasi Apik GoCement dan HIMPERRA Jatim - Artikel GoCement
Kolaborasi Apik GoCement dan HIMPERRA Jatim

Surabaya, 21 Februari 2023 – DPD HIMPERRA JAWA TIMUR bekerjasama dengan GoCement dalam acara Sinergi Perijinan Dengan Aparat Penegak Hukum (APH) yang diselenggarakan di Verwood Hotel Surabaya, acara ini bertujuan untuk memperkenalkan tentang GoCement dan meningkatkan hubungan antara anggota HIMPERRA Jawa Timur dan GoCement agar terjalin kerjasama jangka panjang. “Adanya kolaborasi ini diharapkan GoCement dapat Baca selengkapnya


Tiang Pancang Beton, Apa Sih Bedanya Dengan Pondasi Lain? - Artikel GoCement
Tiang Pancang Beton, Apa Sih Bedanya Dengan Pondasi Lain?

Kuat tidaknya sebuah bangunan sangat bergantung kepada pondasi di bawahnya. Tidak bisa dipungkiri bahwa pondasi merupakan salah satu faktor yang berpengaruh besar terhadap kualitas bangunan. Pondasi adalah struktur bangunan paling dasar yang memiliki fungsi untuk menyalurkan beban dari struktur di atasnya kepada lapisan tanah pendukung. Pembangunan pondasi sangat krusial dalam sebuah projek pembangunan rumah. Jika Baca selengkapnya


Inspirasi Jenis Plafon Minimalis untuk Rumahmu, Nomor 4 Paling Unik ! - Artikel GoCement
Inspirasi Jenis Plafon Minimalis untuk Rumahmu, Nomor 4 Paling Unik !

Plafon adalah bagian penting yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah rumah. Dari plafon rumah unik hingga plafon rumah minimalis, banyak sekali desain plafon yang kamu bisa pilih untuk hunianmu. Secara umum, plafon lebih dikenal dengan istilah langit – langit. Dalam dunia kontraktor, plafon adalah permukaan interior atas yang terhubung langsung dengan bagian atas sebuah ruangan. Baca selengkapnya